EKSTRAKULIKULER

PRAMUKA
PRAMUKA

Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang  menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia. Kata “Pramuka” merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya. Tapi sebelum singkatan ini ditetapkan, kata Pramuka asalnya diambil oleh Sultan Hamengkubuwono IX dari kata “Poromuko” yang berarti pasukan terdepan dalam perang.

Pramuka merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka, yang meliputi; Pramuka Siaga (7-10 tahun), Pramuka Penggalang (11-15 tahun), Pramuka Penegak (16-20 tahun) dan Pramuka Pandega (21-25 tahun). Kelompok anggota yang lain yaitu Pembina Pramuka, Andalan Pramuka, Korps Pelatih Pramuka, Pamong Saka Pramuka, Staf Kwartir dan Majelis Pembimbing.

Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur. Kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan masyarakat, dan bangsa Indonesia.

Gerakan Pramuka dipimpin oleh Ketua Kwartir Nasional

 

    Pramuka adalah kegiatan ekstrakulikuler wajib di MTs Al-Amiriyyah. Dengan mengikuti kegiatan ini, siswa/i diharapkan mendapat 6 manfaat kepramukaan, yaitu :

    1. Lebih Percaya Diri. Dengan dikelilingi sesama anggota pramuka yang saling mendukung, anak jadi lebih berani, percaya diri, dan berempati.
    2. Mendukung Perkembangan Emosional Sosial. Melatih anak berpendapat, menyelesaikan konflik melalui diskusi, mengungkapkan emosi secara positif, menghargai perbedaan, mengenali isyarat nonverbal, dan berbagai keterampilan lain yang mendukung perkembangan sosial emosionalnya .
    3. Menumbuhkan Tanggung-jawab dan Disiplin. Menurut The Scout Association, manfaat ikut pramuka ini bukan hanya mendukung pendidikan anak di sekolah, tapi juga menjadi kualitas pribadi yang penting agar bisa sukses dalam hidup dan karier di masa depan .
    4. Belajar Keterampilan Hidup. Menurut informasi dalam situs resmi Girl Scouts of the USA, anggota pramuka dilatih untuk menjalin hubungan sehat, literasi keuangan, hidup sehat, serta berkontribusi melakukan perubahan positif masyarakat .
    5. Hasil studi yang dilakukan Tufts University menyatakan, salah satu manfaat pramuka bagi anak adalah besarnya kesempatan mengasah jiwa kepemimpinan dalam berbagai kegiatan .
    6. Sehat Mental dan Fisik. Dalam studi yang dilansir oleh US Forest Service, beraktivitas di alam bebas baik untuk kesehatan mata, pernapasan, jantung, dan otot .

     

    Students

    Ekstrakulikuler

    PROGRAM KELAS

    SPECIAL EVENT EVERY YEAR

    Information

    Alamat: Jl. PP. Darussalam Blokagung RT/RW 002/004 Karangdoro Tegalsari Banyuwangi Jawa Timur

    Telephone: 0852 3113 3035

    Email: mts.alamiriyyah@ymail.com